Artikel Pengetahuan Dan Teknologi

Mar 16, 2013

Jenis Jenis Virus Komputer

Jenis Jenis Virus Komputer - Blog Penerang - Sama halnya dengan manusia komputer juga dapat terjangkit oleh virus. Namun virus biologi yang menjangkit pada manusia dengan virus komputer tidaklah sama (berbeda). Perbedaan tersebut sangatlah jelas karena virus komputer hanya menyerang komputer, dan virus biologi menyerang makhluk hidup seperti manusia.
Apa itu pengertian virus komputer?

Pengertian Virus Komputer

Virus komputer adalah program komputer yang dapat menggandakan dirinya atau menyalin dirinya sendiri, dan akan menyebar dengan cara menyisipakn salinan dirinya kedalam program, file atau dokumen lainnya. Visrus omputer biasanya merusak data-data yang ada dalam komputer., selain itu virus komputer akan membuat pengguna komputer terganggu ataupun tidak berpengaruh apa-apa terhdap komputer.
Jenis Jenis Virus Komputer
Ilustrasi Komputer Terkena Virus
Cara kerja virus komputer ini biasanya akan merusak software dan tidak merusak hardware secara langsung, namun kerusakan dapat terjadi jika virus program tersebut menggunakan sumberdaya sehingga perangkat tertentu akan mengalami over process. Biasanya virus mempunyai efek negatif dengan menggandakan dirinya sendiri dan menjadikan sumberdaya komputer atau memori menjadi berat. Namun Virus yang sangat berbahaya dapat merusak perangkat keras. Virus komputer saat ini berbasis Windows, mungkin karena penggunaan windows paling banyak digunakan hingga saat ini.

Jenis Jenis Virus Komputer

  1. Backdoor, Backdor adalah virus yang menyerupai file-file biasa seperti game dll, virus ini juga hampit mirip dengan trojan.
  2. Trojan Horse, adalah virus yang mengambil data pada komputer yang telah terinfeksi dan mengirimkannya kepada pemuat virus trojan itu sendiri.
  3. Spyware, adalah virus yang memantau omputer yang terinfeksi.
  4. Rootkia, adalah virus komputer yang bekerja menyerupai sistem komputer yang biasa saja.
  5. Worm, adalah virus yang menduplikat dirinya sediri pada hardisk, Jika virus ini menyerang maka hardisk akan menjadi penuh oleh virus worm tersebut.
  6. Polymorphic Virus, adalah virus yang gemar berubah-ubah agar tidak dapat terdeteksi.
  7. Adware, adalah program yang didesain menggangu pengguna komputer dengan iklan-iklan yang tampil.
Agar virus tidak menyerang perangkat komputer Anda secara signifikan maka anda dapat menggunakan antivirus, dengan adanya antivirus, virus dapat terdeteksi dan dihapus oleh antivirus.

Nah, itulah artikel tentang jenis-jenis virus komputer, semoga bermanfaat menambah pengetahuan Anda dalam bidang komputer.
Terima kasih telah berkunjung di blog-penerang.blogspot.com

Jenis Jenis Virus Komputer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Junaedi