Artikel Pengetahuan Dan Teknologi

Mar 16, 2013

Jenis Manusia Prasejarah di Indonesia

Jenis Manusia Prasejarah di Indonesia - Jenis Manusia Purba di IndonesiaBlog Penerang - Menurut para archeolog, diperkirakan manusia mulai menghuni bumi pada kira-kira 500.000 - 3.200.000 tahun yang lalu. Dari fosil-sfosil yang ditemukan, manusia prasejarah masih menyerupai bentuk kera, hanya saja mereka telah berjalan menggunakan kedua kakinya (berjalan dengan tegak).
Pada tahun 1983 Dr. Eugne du Bois menemukan fosil manusia purba di Trinil yang kemudian disebutnya sebagai manusia kera yang berjalan tegak (Pithecanthropus Erectus). Sejak penemuan itu pulau Jawa dijadikan objek penelitian oleh para ahli dari berbagai bangsa terhadap manusia pra Sejarah di Indonesia. Diantaranya para peneliti itu yang dinilai paling berjasa sehingga mendapatkan penghargaan sebagai bapak Pra Sejarah Indonesia adalah Dr. Von Koenigswald.

Fosil-Fosil Manusia Purba yang Ditemukan Oleh Dr. Von Koenigswald

Jenis Jenis Manusia Purba Prasejarah di Indonesia
  • Meganthropus Paleojavanicus, fosil manusia purba ini ditemukan di Sangiran pada tahun 1941
  • Homo Mojokertensis, tempat ditemukan fosil manusia purba ini di Mojokerto
  • Homo Soloesnsis, fosil manusia purba ini ditemukan di Ngandong. Oleh Von Koenigswald fosil ngandong ini dinilai sudah seperti homo sapiens.
Kalau Pithecanthropus erectus dinilai memiliki kemiripan dengan Sinanthropus Pekininsis (fosil manusi pra sejarah yang ditemukan di daerah Cina). Dr. Von Koenigswald menilai Homo Soloesnsis memiliki kemiripan dengan Homo Neanderthalensis (fosil manusi pra sejarah yang ditemukan di daratan eropa)
RME Sejarah SMK/SMU

Terimakasih telah berkunjung di artikel sejarah Jenis Manusia Prasejarah di Indonesia semoga bermanfaat.
Baca juga artikel lainnya di blog-penerang.blogspot.com

Jenis Manusia Prasejarah di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Junaedi