Artikel Pengetahuan Dan Teknologi

Mar 31, 2013

Pengertian Abrasi Pantai

Blog Penerang - Pengertian Abrasi Pantai - Definisi atau arti dari Abrasi pantai air laut.
Keadaan lingkungan sekarang ini sudah semakin rusak seiring waktu-kewaktu. Banyak sekali contoh-contoh kerusakan akibat abrasi pantai ini dan tentunya Kita sering melihat kerusakan yang diakibatkan oleh abrasi tersebut. Hampir di seluruh pantai yang ada di Indonesia mengalami masalah yang serupa. Tentunya masalah abrasi tidak bisa kita biarkan saja karana akan menyebabkan kerugian yang cukup besar untuk makhluk hidup yang ada disekitarnya, dan termasuk akan merugikan manusia juga.
Abrasi tdisebabkan oleh berapa faktor yaitu faktor alam dan juga manusia.

Abrasi akan menjadi berbahaya jika kita biarkan, karena abrasi akan membuat garis-garis pantai menjadi menyempit dan bahkan lebih dari itu, dengan adanya kerusakan yang diakibatkan abrasi maka akan menurunkan minat para wisatawan yang berkunjung ke Indonesia.
Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia mempunyai banyak pantai yang memiliki panorama yang Indah, seperti pantai kuta di Bali, Pantai Sanur, ds

Pengertian Abrasi Pantai
Salahsatu Pantai Indah

Apabila pantai-pantai di Indonesia mengalami abrasi maka minat wisatawan asing akan berkurang sehingga akan mempengeruhi perekonomian Negara Indonesia sebab secara otomatis devisa negara dari pariwisata akan mengalami penurunan. Dampak lainnya adalah kerugian material disekitar pantai seperti hotel, restoran, kafe, dan sarana lain yang ada disekitarnya termasuk akan berdampak pula pada rumah-rumah penduduk yang ada disekitar pantai.

Sebelum menjelaskan lebih jauh tentang abrasi, kita pelajari dulu apa itu pengertian abrasi atau definisi dari abrasi.

Pengertian Abrasi

Pengertian Abrasi Pantai
Abrasi mempunyai arti : peristiwa terkikisnya alur-alur pantai akibat gerusan air laut. Gerusan air laut ini terjadi akibat permukaan air laut mengalami peningkatan. Peningkatan atau naiknya air laut ini desebabkan karena es di kutub mencair yang diakibatkan oleh pemanasan global (global warming)


Selain pengertian diatas ada juga pengertian lainnya, yaitu :
  • Definisi Abrasi atau Pengertian Abrasi adalah proses pengikisan pantai oleh kekuatan gelombang laut dan arus laut yang bersifat merusak.

Apa penyebab Terjadinya Abrasi?

Abrasi terjadi karena naiknya permukaan air laut di seluruh dunia karena mencairnya lapisan es di daerah kutub bumi. Pencairan ES ini diakibatkan oleh pemanasan Global. Pemanasan Global ini terjadi karena gas-gas CO2 yang berasal dari asap pabrik maupun  dari gas kendaraan bermotor menghalangi keluarnya gelombang panas dari matahari yang dipantulkan oleh bumi, sehingga panas tersebut akan terperangkap dalam atmosfer bumi sehingga mengakibatkan suhu permukaan bumi meningkat. dan membuat ES di Kutub mencair, dan permukaan air laut akan mengalami peningkatan diseluruh dunia dan menggerus daerh permukaan yang rendah. Ini menjadi bukti bahwa pencemaran lingkungan erat kaitannya dengan Abrasi ini.

Contoh garis pantai yang mengalami abrasi adalah didaerah pesisir pantai wialayh Indramayu. Abrasa yang terjadi di wilayah ini mampu menenggelamkan daratan dua sampai sepuluh meter per tahunnya, dan sekarang dari panjang pantai seratus empat belas KM telah tergerus lima puluh KM.
Dari sepuluh kecamatan yang mempunyai kawasan pantai, hanya ada satu wilayah kecamatan yang tidak memiliki permasalahan Abrasi yaitu Kecamatan Centigi. Hal ini disebabkan karena kecaman Centigi adalah kawasan hutan mangroove yang mampu melindungi kawasan pantai dari kerusakan abrasi.

Abrasi yang terjadi di kabupaten Indramayu merupakan salahsatu contoh kasus abrasi yang ada di Indonesia. Selain di Indramayu masih banyak kasus kerusakan yang diakibatkan oleh Abrasi yang lebih parah.
Tentunya permasalahan ini tidak boleh dibiarkan berkelanjutan, karena bila dibiarkan maka dikhawatirkan pulau-pulau yang mempunyai permukaan rendah akan tenggelam.

Bagaimana cara menyelesaikan masalah abrasi ini?

Cara yang dilakukan pemerintah dalam mengatasi abrasi ini yaitu dengan melakukan pembangunan alat pemecah ombak, dan juga melakukan penghijauan hutan mangrove didaerah sekitar pantai. Tentunya pembangunan dan penghijauan ini akan mengalami hambatan salahsatunya hambatan dalam biaya maupun waktu yang diperlukan untuk membangun alat pemeah ombak dan melakukan penanaman tanaman. Namun usaha untuk menanggulangi abrasi ini haruslah tetap dilakukan, dan ini memerlukan peranan masyarakat dan juga pemerintah untuk saling bekerjasama dalam menanggulangi maslah abrasi ini. Meskipun masalah abrasi tidak akan terselesaikan secara 100% namun jika alat pemecah ombak berhasil dibangun dan hutan bakau atau mangrove berhasil ditanam maka dapatk dari abrasi akan dapat dikurangi.

Selain itu kita sebagai peihak elemen masyarakat maupun pemerintah harus menjaga dan memperhatikan keindahan dan keasrian pantai dari masalah pencermaran lingkungan disektar pantai.

Nah, sekian dulu artikel blog-penerang.blogspot.com tentang pengertian abrasi pantai - penyebab abrasi dan juga cara menanggulangi abrasi.
Semoga kita semakin menyadari tentang pentingnya menjaga lingkungan sekitar kita dengan begitu maka kerusakan lingkungan akan semakin berkurang dan bumi kita dapat terjaga dari kerusakan lingkungan.
Tentunya itu semua harus ada usaha dari semua elemen masyarakat maupun pemerintah, jika tidak maka kerusakan lingkungan akan semakin bertambah dan lebih susah untuk ditangani.

So, Start Today.. Save Tomorrow
Clean Up Our Climate.. Clean Up the World

Pengertian Abrasi Pantai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Junaedi