Artikel Pengetahuan Dan Teknologi

Mar 2, 2013

Proses Pernapasan Jamur

Proses Pernapasan Jamur - Blog Penerang - Jamur merupakan salahsatu makhluk hidup heterotrof yang tidak memilki klorofil. Jamur ada yang mempunyai satu sel dan ada yang memilki banyak sel atau yang biasa disebut uniseluler dan multiseluler, jamur menghailkan keturunan dengan cara generatif dan juga dengan melalui vegetatif.
Lalu bagaimana proses pernapasan jamur - proses bernapas pada jamur?
Dibawah ini akan sedikit di jelaskan tentang proses pernapasan atau bernapas pada jamur :

  • Jamur bernapas karena membutuhkan gas oksigen (O2) bebas, seperti contoh proses bernapas jamur merang (volvaceae)
  • Jamur bernapas karena tidak membutuhkan gas oksigen (O2) bebas, contohnya seperti, proses bernapas jamur yang terdapat dalam ragi ini yang disebut dengan pernapasan Anaerob. Jamur ragi adalah tumbuhan yang tidak memiliki hijau daun atau tidak mempunyai klorofil dan bernapas dengan anaerob ini bukan mendapatkan energi dari oksigen, melainkan dengan cara menguraikan bahan yang menjadi tempat hidupnya.
    Peristiwa peragian singkong tapai terjadi karena pernapasan anaerob dari sejenis jamur. Oleh karena itu, peragian ini dikenal sebagai proses pernapasan anaerob. Proses penguraian bahan atau tempat jamur itu hidup memerlukan bantuan enzim.
Nah, bagaimana sudah mengerti dengan proses pernapasan jamur - proses bernapas pada jamur? Semoga dapat bermanfaat dan dapat dimengerti dan juga terima kasih telah berkunjung di blog-penerang.blogspot.com :)
Baca juga artikel menarik lainnya.

Proses Pernapasan Jamur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Junaedi