Artikel Pengetahuan Dan Teknologi

Mar 6, 2013

Tiga Ciri Hewan Bertulang Belakang Vertebrata

Tiga Ciri Hewan Bertulang Belakang Vertebrata - Blog Penerang - Seperti yang kita ketahui hewan membutuhkan makanan untu tetap terus bertahan hidup, agar hewan dapat mencari makanan hewan harus dapat bergerak secara bebas sesuai jenisnya, agar hewan dapat bergerak bebas hewan ersebut harus mempunyai bentuk struktur tubuh hewan yang baik sesuai dengan jenis nya.
Kali ini blog penerang akan memberikan Tiga 3 Ciri Hewan Bertulang Belakang (Vertebrata), selain penggolaongan hewan bertulang belakang didasarkan pada ciri ada atau tidaknya tulangunggung dibawah ini juga ciri-ciri yang digunakan untuk mengetahui jenis hewan bertulang pungung (bertulang belakang)
Dibawah ini merupakan ciri-cirinya :

  • Penutup Tubuh
Hewan bertulang punggung mempunyai penutup tubuh agar dapat terus bertahan hidup di lingkungannya. Penutup tubuh ikan yaitu sisik dan lendir, penutup tubuh kodok berupa Zat beracun, kucing, anjing dan kuda mempunyai penutup tubuh berupa rambut, burung mempunyai penutup bulu, penyu dan kura-kura memiliki perisai, kadal mempunyai mempunyai penutup tubuh sisik epidermis.
  • Suhu Tubuh
Berdasarkan suhu tubuh dan respon terhadap perubahan suhu di lingkunganny, hewan terdiri dari :
a. Hewan bersuhu tubuh tetap atau berdarah panas, hewan jenis ini jika dipegang akan terasa hangat, yang menyebabkan suhu tubuh tetap yaitu karena darah yang kaya oksigen dan karbon dioksida terpisah sempurna di dalam jantung yang terdiri atas empat ruang yaitu (serambi kanan-kiri dan bilik kanan-kiri)
b. Hewan bersuhu tubuh berubah ubah atau berdarah dingin, jika jenis hewan ini dipegang akan terasa dingin sehingga untuk meningkatkan suhu tubuhnya jenis hewan ini harus berjemur, suhu tubuh berubah-ubah sesuai dengan suhu di lingkungannya.
Hal ini terjadi karena sekat jantung tidak sempurna sehingga darah yang kaya oksigen bercampur dengan darah yang kaya karbon dioksida.
  • Perkembangbiakan
Hewan berkembangbiak untuk mempertahankan kelangsungan hidup jenisnya, atau menghasilkan keturunan dari jenisnya.
Perkembangbiakan dilakukan melalui bertelur atau beranak.

Hewan Bertulang Belakang Vertebrata
Hewan Bertulang Belakang Vertebrata
Nah, diatas adalah tiga 3 ciri hewan bertulang belakang, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog-penerang.blogspot.com pada artikel Tiga Ciri Hewan Bertulang Belakang

Tiga Ciri Hewan Bertulang Belakang Vertebrata Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Junaedi