Artikel Pengetahuan Dan Teknologi

Apr 4, 2013

Macam-Macam Jenis Surat

Jenis Jenis Surat

Blog Penerang - Macam-Macam Jenis Surat - Seperti yang kita ketahui bahwa surat terdiri dari berbagai macam jenisnya. Kita tentunya sudah sering mengenal beberapa jenis surat yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari bahkan mungkin Anda pernah menerima salahsatu jenis surat tersebut.
Jenis surat tersebut tentunya disesuaikan dengan penggunaannya. Sebelum kita mengenal lebih jauh tentang surat tentunya kita harus tahu pengertian surat.
Silahkan lihat di artikel : pengertian surat.
Dibawah ini merupakan macam-macam surat - jenis-jenis surat :
Secara umum surat dibagi menjadi 3 jenis, berdasarkan dari segi bentuk, isi dan juga bahasanya yaitu terdiri dari : surat pribadi, surat dinas, dan surat niaga.

Macam-Macam Surat

macam-macam surat - jenis jenis surat
  • Surat Pribadi yaitu surat yang digunakan untuk kepentingan pribadi. Surat dapat berupa korespondensi antara sesama teman atau keluarga.
  • Surat Dinas yaitu surat yang digunakan untuk kepentingan resmi, baik perseorangan, instansi, maupun organisasi; misalnya undangan, surat edaran, dan surat pemberitahuan.
  • Surat Niaga yaitu surat yang digunakan bagi sebuah badan yang menyelenggarakan kegiatan usaha niaga seperti industri dan usaha jasa. Surat ini sangat bermanfaat dalam membangun hubungan yang terjadi dengan pihak luar sehingga harus disusun dengan baik. Surat niaga terdiri atas surat jual beli, kwintansi, dan perdagangan; dan dapat dibagi atas surat niaga internal dan surat niaga eksternal. Salah satu contoh dari surat niaga adalan surat penawaran dan surat penagihan.
Sedangkan jika digolongkan berdasarkan pemakaiannya dapat dibagi menjadi tiga yaitu. surat pribadi, surat resmi dan surat dinas.
  • Surat Pribadi.
  • Surat Dinas .
  • Surat Resmi yaitu Surat dinas digunakan untuk kepentingan pekerjaan formal seperti instansi dinas dan tugas kantor. Surat ini penting dalam pengelolaan administrasi dalam suatu instansi.
ref : id.wikipedia.org - berbagai sumber
Sekian, artikel kali ini tentang macam-macam surat - jenis jenis surat.
Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung di blog-penerang.blogspot.com
Baca juga artikel terkait tentang surat : Contoh Surat Lamaran Kerja

Macam-Macam Jenis Surat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Junaedi