Artikel Pengetahuan Dan Teknologi

Apr 1, 2013

Pengertian Mineral

Blog Penerang - Pengertian Dan Fungsi Mineral - Mineral merupakan senyawa alami yang terbentuk melalui sistem geologis. mineral didalam pengertian farmasi lain dengan pengertian di bidang geologi. pengertian mineral didalam makna geologi yaitu zat atau benda yang terbentuk oleh sistem alam, umumnya berbentuk padat dan tersusun dari komposisi kimia serta karakter fisik yang spesifik.
Pengertian mineral termasuk bukan sekedar bahan komposisi kimia namun juga susunan mineral. mineral termasuk didalam komposisi unsur murni serta garam sederhana hingga silikat yang amat kompleks dengan beberapa ribu bentuk yang diketahui (senyawaan organik umumnya tidak termasuk). Ilmu yang mempelajari mineral biasanya disebut juga mineralogi.
Apa itu mineral silikat? pengertian silikat didalam ilmu kimia, yaitu satu senyawa yang memiliki kandungan satu anion dengan satu atau lebih atom silikon pusat yang dikelilingi oleh ligan elektronegatif.

Pengertian Mineral


Pengertian Mineral

Definisi mineral menurut beberapa ahli :
  • L.G. Berry dan B. Mason, 1959
    • Mineral adalah suatu benda padat homogen yang terdapat di alam terbentuk secara anorganik, mempunyai komposisi kimia pada batas batas tertentu dan mempunyai atom atom yang tersusun secara teratur.
  • D.G.A Whitten dan J.R.V. Brooks, 1972
    • Mineral adalah suatu bahan padat yang secara structural homogen mempunyai komposisi kimia tertentu, dibentuk oleh proses alam yang anorganik.
  • A.W.R. Potter dan H. Robinson, 1977
    • Mineral adalah suatu bahan atau zat yang homogen mempunyai komposisi kimia tertentu atau dalam batas batas dan mempunyai sifat sifat tetap, dibentuk dialam dan bukan hasil suatu kehidupan.

Supaya bisa diklasifikasikan sebagai mineral sejati, senyawa tersebut seharusnya berbentuk padatan serta mempunyai susunan kristal. senyawa ini juga mesti terbentuk dengan alami serta mempunyai komposisi kimia yang spesifik. definisi pada mulanya tidak memasukkan senyawa layaknya mineral yang berasal dari turunan senyawa organik. bagaimanapun juga, the international mineralogical association th. 1995 sudah mengajukan definisi baru perihal definisi material :
Mineral yaitu satu unsur atau senyawa yang didalam situasi wajarnya mempunyai unsur kristal serta terbentuk dari hasil sistem geologi.
Klasifikasi moderen sudah mengikutsertakan kelas organik kedalam daftar mineral, layaknya skema klasifikasi yang diserahkan oleh Dana serta Strunz.

Nah, sekian artikel pengertian mineral. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda semua. Terimakasih telah berkunjung di blog-penerang.blogspot.com

Pengertian Mineral Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Junaedi