Artikel Pengetahuan Dan Teknologi

Apr 7, 2013

Peran Indonesia Dalam ASEAN

Blog Penerang - Peran Indonesia Dalam ASEAN - Seperti yang kita ketahui bahwa Negara Indonesia juga merupakan salahsatu Negara aktif dalam mengembangkan organisasi kerjasama kawasan Asia Tenggara yaitu ASEAN.
Indonesia aktif dalam upaya perdamaian antar negara, dan juga aktif dalam bidang-bidang lainnya di Asia bahkan di dunia Internasional yang mencakup seluruh Negara di Dunia.

Di kawasan Asia Tenggara Indonesia berperan aktif dalam organisasi ASEAN yang merupakan perhimpunan bangsa-bangsa di Asia Tenggara atau Perbara yang berdiri tanggal 8 Agustus 1967.

ASEAN dibentuk dalam upaya menggalang kerjasama di bidang ekonomi, sosial, dan budaya di kawasan Asian Tenggara.
Tujuan berdirinya ASEAN antara lain :

  • Mempererat kemajuan ekonomi, sosial dan budaya di kawasan Asia Tenggara.
  • Meningkatkan kerjasama antarbangsa untuk saling membantu satu samalain, mengatasi masalah bersama dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, pengethuan, dan Teknologi.

Peran Indonesia Dalam ASEAN


Peran Indonesia Dalam ASEAN - Peranan
Pemerintah Indonesia pernah menjadi tuan tempat rumah dalam pertemuan kepala pemerintahan serta kepala negara ASEAN. pada bln. oktober 2003, bali menjadi area pertemuan kepala negara serta kepala pemerintahan ASEAN tersebut

Melihat kejadian yang berlarut-larut di Kamboja, Indonesia berusaha untuk mendamaikan pihak-pihak yang bertikai atau berperang dengan cara mempertemukan mereka dalam suatu perundingan. Akhirnya,di bentuklah Jakarta Informal Meeting (JIM). Arti nya, pertemuan tidak resmi yang diadakan di Jakarta tahun 1988. 

Pertemuan Ho Chi Minh City diadakan di Bogor 25 Juli 1988 dalam acara JakartaInformal Meeting. Melalui forum ini Indonesia berusaha mendamaikan negara-negara yang sedang bertikai. Pertemuan ini membuka jalan untuk memasuki konferensi perdaimaian di Paris th. 1989. Pada th. 1992 Indonesia mengirimkan pasukan perdamaian ke Kamboja. 

Beberapa negara di kawasan Asia Tenggara sedang terganggu stabilitas keamanannya. Hal itu menyebabkan terjadinya pengungsian besar-besaran ke negara tetangga. Indonesia menyediakan pulau Galang untuk persinggahan sementara.

Indonesia mempunyai gagasan perlu di bentuknya Komunitas Keamanan ASEAN. yang bertujuan untuk menanggulangi tindak kejahatan dan kekerasan. Tidak hanya dalam hal pertahanan militer saja, tetapi juga dalam hal-hal nonmiliter. Seperti teroris, separatisme, kejahatan lintas negara, dan perampokan. Hal itu untuk meningkatkan kerja sama bidang politik dan keamanan dalam arti yang lebih luas.

Indonesia membantu upaya perdamaian antara pemerintah Filipina dengan gerakan pembebasan Moro. Indonesia meminta kepada pemerintah Filipina agar hidup damai dengan umat muslim Moro. Pertemuan antara keduanya telah beberapa kali dilaksanakan pada tahun 1974. Kedamaian itu dapat diwujudkan dengan pemberian jaminan kebebasan dalam kehidupan beragama bagi muslim Moro.


Dari jumlah 10 Negara ASEAN tidaklah semua yang ikut berperan dalam mendirikan atau sebagai pendiri ASEAN.
Tokoh pendiri ASEAN berasal dari lima Negara di kawasan ASIA Tenggara, yaitu :
  • Adam Malik (Mentri bidang politik/ Mentri Luar Negeri Indonesia)
  • Tun Abdul RAzak (Wakil Perdana mentri/ Mentri pembangunan Nasional Malaysia)
  • S. Rajaratnam (Mentri Luar Negeri Singapura)
  • Narcisco Ramos (Mentri Luar Negeri Filiphina)
  • Thanat Koman (Mentri Luar Negeri Thailand)
Negara-negara Anggota ASEAN saat ini adalah :
  1. Brunei Darussalam
  2. Kamboja
  3. Indonesia
  4. Laos
  5. Malaysia
  6. Myanmar
  7. Fhilipina
  8. Singapura
  9. Thailand
  10. Vietnam
Sekian artikel peran Indonesia dalam ASEAN, semoga dapat menambah wawasan Anda bahwa Indonesia juga mempunyai peranan yang penting bagi ASEAN Bahkan Organisasi Internasional lainnya.

Terimakasih telah berkunjung di blog-penerang.blogspot.com semoga bermanfaat.

Peran Indonesia Dalam ASEAN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Junaedi