Artikel Pengetahuan Dan Teknologi

May 7, 2013

Besaran Pokok Dan Besaran Turunan Beserta Alat Ukurnya

Besaran Pokok Dan Besaran Turunan Beserta Alat Ukurnya - Besaran Pokok Dan Satuannya - Besaran Turunan dan Satuannya - blog-penerang.blogspot.com - Apa itu besaran? pengertian, definisi dari besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan angka, contohnya, panjang, massa, waktu, luas, berat, volume, kecepatan dsb. Besaran dibagi menjadi dua yaitu besaran pokok dan besaran turunan. Besaran Pokok Besaran pokok adalah besaran yang satuannya didefinisikan terlebih dahulu dan tidak dapat dijabarkan dari besaran lain. Besaran pokok diantaranya ada tujuh 7, yaitu :

Besaran Pokok Beserta Alat Ukurnya

No Besaran Satuan Lambang Satuan
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
panjang
massa
waktu
suhu
kuat arus
intensitas cahaya
jumlah zat
meter
kilogram
sekon
kelvin
ampere
kandela
mol
m
kg
s
K
A
cd
mol

Besaran Pokok Dan Besaran Turunan Beserta Alat Ukur dan Satuan
  • Alat Ukur Panjang
    • Menurut satuan Internasional besaran panjang dinyatakan dalam meter. Satu meter sama dengan jarak yang ditempuh oleh cahaya dalam ruang hampa selama 1/299.792.458 second. Besaran panjang diukur dengan menggunakan mistar, meteran gulung, jangka sorong, dan mikrometer skrup. Dengan Ketelitian : Mistar mempunyai ketelitian 1 mm Meter Gulung mempunyai ketelitian 1 mm Jangka Sorong mempunyai ketelitian 0,1 mm Mikrometer Skrup mempunyai ketelitian 0,01 mm 2. Alat Ukur Massa Massa adalah kandungan zat suatu benda. Menurut Satuan Internasional Satuan massa adalah kilogram (kg). Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menggunakan istilah berat, namun menurut fisika istilah tersebut tidaklah tepat, karena berat berat dalam fisika memiliki pengertian yang berbeda dengan berat dalam kehidupan sehari-hari. Menurut fisika, berat adalah gaya yang dialami suau benda yang mempunyai massa yang diakibatkan karena adanya gaya tarik bumi. Dengan pengertian seperti ini maka berat suatu benda ditempat yang berlainan mungkin akan berbeda-beda tergantung pada besarnya gaya gravitasi di tempat tersebut. Satu kilogram didefinisikan sebagai massa dari suatu silinder yang dibuat dari campuran platina-iridium yang disebut kiligram standar, yang disimpan di Lembaga berat dan ukuran Internasional di Paris, Perancis. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur besaran massa adalah neraca. Terdapat beberapa jenis neraca, antara lain neraca duduk, neraca elektronik, dan neraca lengan.
  • Alat Ukur Waktu
    • Satuan Internasional untuk waktu adlah sekon atau detik, satu sekon didefinisikan sebagai selang waktu yang diperlukan oleh atom cesium-133 untuk melakukan getaran sebanyak 9.192.631.770 kali, Alat ukur yang digunakan untuk mengukur besaran waktu antara lain arloji dan stopwatch
  • Alat Ukur Suhu
    • Suhu adalah derajat panada dinginnya suatu benda. Satuan internasional untuk suhu adalah kelvin, satuan lainnya yang sering digunakan adalah derajat celcius, sedangkan di Negara Amerrik dan Negara Inggris pada umumnya menggunakan derajat fahrenheit. Alat yang digunakan untk mengukur suhu adalah termometer

Besaran Turunan Beserta Alat Ukurnya

Besaran turunan adalah besaran yang satuannya diturunkan dari satuan-satuan besaran pokok.
Jumlah besaran turunan sangatlah banyak, semakin berkembangnya ilmu fisika, dimungkinankan akan muncul lagi besaran turunan baru.
Sabagian contoh besaran turunan dapat dilihat dibawah ini :

No. Besaran Satuan
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
luas
volume
kecepatan
gaya
massa jenis
daya
usaha
meter persegi
meter kubik
meter per sekon
newton
kilogram per meter kubik
watt
joule

Alat ukur yang digunakan pada besaran turunan sama dengan alat ukur yang digunakan pada besaran pokok.

Semoga artikel yang berjudul Besaran Pokok Dan Besaran Turunan Beserta Alat Ukurnya ini bermanfaat untuk Anda, terima kasih telah berkunjung dan baca juga artikel pengetahuan lainnya :)

Besaran Pokok Dan Besaran Turunan Beserta Alat Ukurnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Junaedi