Artikel Pengetahuan Dan Teknologi

Jul 9, 2013

Pengertian Peta Dan Jenis Jenis Peta

Blog Penerang - Pengertian Peta Dan Jenis Jenis Peta - Membaca peta membutuhkan keterampilan dan pemahaman khusus. Peta sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.
Kita perlu memahami kondisi lingkungan melalui pemahaman dalam membaca sebuah peta wilayah.

Definisi - Pengertian Peta


Di sekolah dan di rumah kita sering mendengar istilah “peta”. Apakah sebenarnya pengertian peta itu?
Peta adalah gambaran/lukisan pada kertas yang menunjukkan letak tanah, laut, sungai, gunung, dsb. Dibuat menggunakan perbandingan skala tertentu dilengkapi dengan simbol atau tanda-tanda pada bidang datar. Peta dapat berbentuk lembaran pada kertas, karton, ataupun kain, yang disusun dalam bentuk buku yang disebut atlas.


Macam Macam Jenis Jenis Peta


Peta dapat dibedakan atas berbagai jenis, yaitu:
1. Peta Cuaca
Dalam kehidupan sehari-hari cuaca sering berubah-ubah. Peta cuaca adalah peta yang menggambarkan situasi sirkulasi (perputaran atmosfer) dan cuaca pada waktu tertentu untuk daerah tertentu yang tempatnya luas.
2. Peta Geologi
Peta geologi adalah gambaran sebagian litosfer (batu-batuan), terutama yang tersingkap di atas permukaan pada sehelai kertas.
3. Peta Hidrogeologi
Peta hidrogeologi adalah peta yang secara umum menggambarkan keadaan air tanah dalam batuan. Peta hidrogeologi sering disebut peta air tanah.
4. Peta Induk
Peta induk adalah peta dasar yang masih bersifat umum dan secara garis besar. Apabila akan digunakan untuk keperluan tertentu, perlu memberikan kelengkapan dan kejelasan dengan menambah bagianbagian yang diperlukan.
5. Peta Topografi
Dalam peta ini dapat dibaca tentang jenis batuan, bangunannya, jenis bahan galian, mata air, dan tambang. Peta topografi merupakan bagian dari peta geologi. Peta kabupaten (kota) dan provinsi adalah peta yang menggambarkan wilayah suatu kabupaten (kota) dan provinsi, sehingga dapat dimengerti
tentang keadaan alam dalam satu bidang datar.

Sekian artikel tentang Pengertian Peta Dan Jenis Jenis Peta semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda semua tentang peta.

Pengertian Peta Dan Jenis Jenis Peta Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin