Artikel Pengetahuan Dan Teknologi

Feb 12, 2013

Contoh Tumbuhan Tidak Berpembuluh | Nonvaskuler

Contoh Tumbuhan Tidak Berpembuluh (Nonvaskuler) - Blog Penerang - setelah sebelumnya membahas tentang contoh tumbuhan berpembuluh pada artikel ini akan membahasa tentang tumbuhan tidak berpembuluh.
Tumbuhan adalah salahsatu makhluk hidup yang ada di Bumi dan mempunyai populasi yang sangat banyak dan tersebar di Bumi yang kita tinggali.
Ada berbagai macam kelompok tumbuhan dan jenis-jenis tumbuhan, kenekaragaman inilah yang menjadi dasar pengelompokan organisme (klasifikasi makhluk hidup), pengelompokan makhluk hidup ini didasarkan adanya persamaan dan juga perbedaan ciri. salahsatunya adalah kingdom plantae yang hampir semuanya berada didaratan namun ada juga beberapa yang hidup di air, seperti teratai.

Contoh Tumbuhan Tidak Berpembuluh | Nonvaskuler

Pengertian Tumbuhan Tidak berpembuluh

Sebelum mengenal lebih jauh tentang tumbuhan tidak berpembuluh ada baiknya kita mengerti apa yang dimaksud dengan pembuluh.
Pembuluh adalah jaringan yang terdiri dari sel-sel yang dihubungkan satu dengan yang lainnya, membentuk pembuluh yang mengangkut air dan juga zat hara yang di sebarkan ke seluruh bagian tumbuhan.

Ciri Ciri

Tumbuhan tidak berpembuluh adalah tumbuhan yang tidak mempunyai berkas pembuluh, Air dan zat hara yang diperlukannya disebarkan secara difusi dan osmosis, atau pengangkutan tersebut dilakukan oeh pembuluh melalui antar sel.

Contoh Tumbuhan Tidak Berpembuluh (Nonvaskuler)

Contoh tumbuhan yang tidak berpembuluh adalah lumut (Bryophyta).
Lumut adalah contoh tumbuhan yang banyak ditemukan di tempat yang lembab dan juga terlindung dari cahaya matahari. Lumut sudah memiliki klorofil itulah sebabnya lumut berwarna hijau, oleh sebab itu maka lumut menyedianakn makanannya sendiri melalu proses fotosintesisi. Ada beberapa jenis lumut , antara lain sporofit dan gametofit.
Apa itu sporopit? sporofit adalah generasi tumbuhan pembentuk spora sedangkan gametofit adalah generasi tumbuhan pembentuk sel kelamin. (Gamet)
Berdasarkan dari bentuknya lumut dibedakan menjadi dua, yaitu lumut daun atau musci dan lumut hati atau hepaticae.
Contoh dari umut daun adalah, Polytricum commune, Poginatum cirrhatum, sphagnum fubriatum, dan Andreae rupestris.
Contoh lumut hati adalah, Marchantia Polimorpha dan Metzgeria conjugate.

Dalam perkembangbiakanannya lumut melakukan pergiliran keturunan atau metagenesis.
Apa itu metagenesis? metagenesis adalah pergantian perkembangbiakan generative dengan perkembangan vegetative.

Nah, diatas adalah artikel tentang contoh tumbuhan tidak berpembuluh (Nonvaskuler), semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung di blog-penerang.blogspot.com

Contoh Tumbuhan Tidak Berpembuluh | Nonvaskuler Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yaya Nurcahyadin