Artikel Pengetahuan Dan Teknologi

Mar 23, 2013

Ringkasan Perang Diponegoro

Ringkasan Perang Diponegoro - Blog Penerang - Perang Diponegoro merupakan salahsatu bentuk perlawanan rakyat nusantara terhadap pejajahan Belanda.
Sebab Terjadinya Perang Diponegoro :

  • Pengambilan tanah-tanah milik kaum bangsawan oleh pemerintah Hindia - Belanda (Gebernemen)
  • Tanah-tanah milik kaum bangsawan yang sudah terlanjur disewakan harus dikembalikan sewanya karena tanahnya diambil alih Gebernemen.
  • Raja-raja Jawa (Mataram) menyadari menjadi korban politik adu domba (devide et impera), karena kerajaan mataram terbelah menjadi 4 bagian, Surakarta, Yogyakarta, Pakualam, dan Mangkunegaran.
Sebab Khusus
Pemerintah Gubernemen berencana membuat jalan kereta api yang melewati tempat yang dikeramatkan P. Diponegoro. oleh sebab itu niat pemerrintah tersebut ditentang oleh P. Diponegoro.


Jalannya Perang Diponegoro
Pangeran Diponegoro dan juga pengikutnya menggunakan taktik perang Grilya sehingga sangat merugikan pihak Belanda. Takti perang Gerilya pangeran Diponegoro ini kemudian dilawan dengan siast benteng stelsel dari pihak Belanda. Siasat itu dirancang olehJendral de Cock yitu setiap daerah atau wilayah yang telah berhasil direbut dibangun benteng yangditempatkan pasukan Belanda. Jarak antara benteng satu dengan benteng lainnya tidak jauh.
Siasat ini berhasil memperluas wilayah pihak Belanda, Sebaliknya daerah GrilyaP. Diponegoro menjadi menyempit. Namun demikian perang terus berlanjut. Akhirnya Belandamenggunakan siasat licik, dengan mengajak P. Diponegoro berunding guna menyelesaikan masalah di Magelang. Belanda berjanji jika perundingan gagal, Pangeran Diponegoro dapat kembali ke Yogya dengan aman. Tetapi setelah tawaran itu diterima oleh Pangeran Diponegoro Belanda menangkapnya. Kemudian Pangeran Diponegoro diasingkan ke Menado kemudian dipindahkan ke Makasar hingga meninggalnya pada tahun 1855. Didalam perang Pangeran Diponegoro dibantu dengan Kyai Mojo dan Sentot.

Sekian, artikel sejarah ringkasan perang diponegoro. Semoga bermanfaat dan bisa dijadikan bahan referensi makalah terima kasih telah berkunjung di blog-penerang.blogspot.com

Ringkasan Perang Diponegoro Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Junaedi