Artikel Pengetahuan Dan Teknologi

Jun 3, 2014

Dampak Masuknya Budaya Asing

Blog Penerang - Dampak Masuknya Budaya Asing - Saat ini masyarakat Indonesia berada pada keadaan masyarakat yang sedang berkembang yakni dari keadaan tradisional dimana masyarakat yang bergerak dari masyarakat agraris-tradisional menuju masyarakat industrial-modern. Posisi yang demikian mendorong masyarakt cenderung mengadopsi simbol-simbol budaya dunia modern secara sepotong-sepotong sehingga berdampak pada kehidupan sosaial budaya masyarakat Indonesia, diantaranya :

  • Terjadi perubahan kebudayaan
  • pembaruan kebudayaan
  • modernisasi
  • keguncangan budaya
  • masuknya budaya
  • memeperkaya keberagaman budaya, dan
  • melemahnya nilai-nilai budaya bangsa.

Dampak Masuknya Budaya Asing

Unsur budaya asing yang diambil dan dipertahankan pada umumnya membuat nuansa kebendaan, bukan makna yang ada dibalik unsur kebudayaan asing tersebut. Akibatnya, unsur budaya asing masuk dengan melemahnya nilai-nilai budaya bangsa dan munculah kehidupan baru. Adapun budaya baru yang muncul tersebut, antara lain :

Budaya Konsumtif

Budaya konsumtif adalah seseorang mengkonsumsi barang dan jasa bukan karena betul-betul membutuhkannya, tetapi lebih didorong karena merasa membutuhkan dari nilai simbolisnya. Semakin langka dan semakin mahal suatu barang dianggap semakin tinggi status sosialnya atau hanya sekedar pamer.

Budaya Kebendaan

Budaya kebendaan adalah kepuasan seseorang yang diukur dengan kebendaan, keberhasilan seseorang yang diukur dengan materi (materialisme).

Fragmentasi

Fragmentasi adalah pengkotak-kotakan manusia dalam semua bidang kehidupan masyarakat. Hubungan yang terjadi tidak berdasarkan pada hubungan yang bersifat manusiawi, tetapi bergeser pada hubungan atas dasar jabaan, kedudukan, dan profesi.

Individualisasi

Individualisasi adalah individualisme tanpa didasari rasa kemanusiaan sehingga semakin renggang peranan individu dalam tingkah laku seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Pada dasarnya individualisme membuat seseorang mulai sadar dan percaya akan kemampuan dirinya. Sikap ini sangat positif untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, namun tidak menghilangkan sifat sosial.
Seiring dengan kemajuan teknologi dan informasi, hubungan dan saling keterkaitan kebudayaan-kebudayaan di dunia saat ini, selain dampak negatif terdapat kemajuan teknologi dan informasi sebagai dampak positif dan masuknya budaya asing ke Indonesia, yang dipengaruhi oleh faktor ekonomi, migrasi dan agama.

Pengaruh Positif Budaya Asing

Adapun pengaruh positif budaya asing terhadap budaya nasional, antara lain :
  • Meningkatkan kemampuan mengahargai nilai-nilai demokrasi.
  • Meningkatkan sikap disiplin dan etos kerja masyarakat.
  • Memajukan IPTEK, meningkatkan kualitas, tanggung jawab serta keterbukaan terhadap pembaruan.
sekian artikel tentang dampak masuknya budaya asing semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung pada artikel Dampak Masuknya Budaya Asing

Dampak Masuknya Budaya Asing Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Junaedi