Artikel Pengetahuan Dan Teknologi

Jun 3, 2014

Pengertian Akulturasi Budaya

Blog Penerang - Pengertian Akulturasi Budaya - Definisi Akulturasi - Apa itu akulturasi? Akulturasi adalah bersatunya dua kebudayaan sehingga membentuk kebudayaan baru tanpa menghilangkan unsur kebudayaan asli.
Contoh akulturasi, bentuk bangunan Candi Borobudur yang merupakan perpaduan antara kebudayaan asli Indonesia dan kebudayaan India.
Hasil akulturasi antara budaya Hindu dan Budhha adalah sebagai berikut :

Bidang Sosial

Stelah masuknya agama Hindu terjadi perubahan dalam tatanan sosial masyarakat Indonesia. Hal ini tampak dengan dikelanya pembagian masyarakat berdasarkan kasta.

Ekonomi

Dalam bidang ekonomi tidak begitu besar pengaruhnya pada masyarakat Indonesia. Hal ini karena masyarakat telah mengenal pelayaran dan perdagangan jauh sebelum masuknya pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia.

Pengertian Akulturasi Budaya

Sistem Pemerintahan

Pengaruh Hindu-Buddha dalam sistem pemerintahan dengan berdirinya kerajaan-kerajaan yang dipimpin oleh seorang raja yang berkuasa secara turun-temurun. Raja dianggap sebagai keturunan dari dewa yang memiliki kekuatan, dihormati, dan dipuja sehingga memperkuat kedudukannya untuk memerintah wilayah kerajaan secara turun-temurun seta meninggalan sistem pemerintahan kepala suku yang sudah ada sebelum budaya dan agama Hindu-Buddha masuk ke Indonesia.

Bidang Pendidikan

Dengan masuknya Hindu-Buddha, sebagian masyarakat Indonesia muali mengenal budaya baca dan tulis.
Bukti pengaruh dalam bidang pendidikan di Indonesia, antara lain :
a. Dengan digunakannya bahasa Sansakerta dan huruf pallawa dalam kehidupan sebagian masyarakat Indonesia.
b. Telah dikenal juga sistem pendidikan berasrama (ashram) dan didirikan sekolah-sekolah khusus untuk mempelajari Agama Hindu-Buddha.
c. Lahirnya banyak karya sastra bermutub tinggi yang merupakan interpretasi kisah-kisah dalam budaya Hindu-Buddha, contohnya :
Empu Sedah dan Panuluh dengan karyanya Bharatayudha.
Empu Kanwa dengan hasil karyanya Arjuna Wiwaha.
Empu Dharmaja dengan hasil karyanya Smaradhana.
Empu Prapanca dengan hasil karyanya Negarakertagama.
Empu Tantular dengan hasil karyanya sutasoma.
d. Berkembangnya ajaran budi pekerti yang berlandaskan ajaran Agama Hindu-Buddha. Pendidikan tersebut menekankan kasih sayang, kedamaian, dan sikap saling menghargai sesama manusia mulai dikenal dan diamalkan oleh sebagian masyarakat Indonesia saat ini.

Bidang Kepercayaan

Telah terjadi semacam sinkretisme, Apa pengertian sinkretisme? yaitu penyatuan paham-paham lama seperti animisme, dinamisme, totemisme dalam keagamaan Hindu-Buddha. Sinkretisme adalah perpaduan antara kepercayaan yang sudah ada, aykni (animisme dan dinamisme) dengan ajaran agama Buddha-Hindu.
Contohnya, kepercayaan terhadap ruh leluhur masih terwujud dalam upacara kematian dengan mangadakan kenduri 3 hari, 7 hari, 40 hari, 100 hari, 1 tahun, 2 tahun, dan 1000 hari, serta masih banyak hal-hal yang dilakukan oleh masyarakat Jawa.

Sekian artikel kali ini tentang pengertian akulturasi budaya masih banyak contoh akulturasi dalam bidang lainnya, seperti dalam seni budaya, bidang teknologi, sistem kalender, Filsafat, Masjid, Makam, Seni Aksara, Seni ukir, Seni Sasta seni pemerintahan da lain lain.
Terimakasih telah berkunjung di blog-penerang.blogspot.com/ semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda dalam bidang sosial budaya. Pengertian Akulturasi Budaya

Pengertian Akulturasi Budaya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Junaedi