Artikel Pengetahuan Dan Teknologi

Jun 3, 2014

Pengertian Difusi Kebudayaan

Blog Penerang - Pengertian Difusi Kebudayaan - Difusi kebudayaan adalah salahsatu bentuk penyebaran unsur-unsur kebudayaan dari tempat satu ke tempat lainnya.

Bentuk-bentuk Difusi Kebudayaan

Pengertian Difusi Kebudayaan
  • Simbiosis, yaitu saling memberi dan menerima unsur-unsur budaya antara dua masyarakat yang berdampingan. Ada tiga macam simbiosis, yaitu :
    • Simbiosisi mutualisme, yaitu kerja sama yang saling menguntungkan
    • Simbiosis Komensalisme, yaitu simbiosis yang satu untung dan yang lain tidak untung ataupun dirugikan.
    • Simbiosis Parasitisme, yaitusatu untung dan yang lain rugi.
  • Penyebaran kebudayaan ke masyarakat lain secara damai. Contoh, masuknya kebudayaan Hindu, buddha, dan islam ke Indonesia.
  • Penyebaran kebudayaan melalui cara kekerasan dan paksaan. Contoh, penjajahan dan pemaksaan kehendak.

Penyebaran ini biasanya dibawa olehsekelompok orang manusia yang melakukan migrasi ke suatu tempat sehingga kebudayaan mereka turut melebur di daerah yang mereka tuju.

Bentuk penyebaran kebudayaan

Bentuk penyebaran kebudayaan juga dapat terjadi dengan berbagai cara, antara lain :
  1. Adanya unsur individu-individu tertentu yang membawa unsur-unsur kebudayaannya ke tempat yang jauh. Misalnya, para pelaut dan pendeta. mereka mendifusikan budaya-budaya mereka. Hal ini biasanya dilakukan para pendeta.
  2. Penyebaran unsur-unsur kebudayaan yang dilakukan oleh individu-individu dalam suatu kelompok dengan adanya pertemuan antara individu-individu kelompok lain. Disinilah terjadi proses difusi budaya, dimana mereka saling mempelajari dan saling memahamo anara budaya mereka masing-masing.
  3. Cara lain adalah dengan adanya bentuk hubungan perdagangan, dimana para pedagang masuk ke suatu wilayah dan unsur-unsur buudaya pedagang tersebut masuk ke dalam kebudayaan penerima tanpa disengaja.
Anggapan dasar para sarjana adalah sejarah persebaran unsur-unsur kebudayaan manusia itu persebaran pangkalnya satu, di suatu tempat, dan pada waktu manusia baru muncul di dunia ini. kemudian kebudayaan induk itu berkembang, menyebar, dan pecah kedalam banyak kebudayaan baru.

Nah, sekian artikel tentang pengertian difusi kebudayaan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung di blog-penerang.blogspot.com/

Pengertian Difusi Kebudayaan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Junaedi