Artikel Pengetahuan Dan Teknologi

May 28, 2014

Pengertian Budaya Dan Kebudayaan

Blog Penerang - Pengertian Budaya Dan Kebudayaan - Budaya berasal dari bahasa Sansakerta, yaitu buddhayah. Kata Budhhayah merupakan bentuk jamak dari budhhi (budi atau akal). Buddhi diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.
Budaya merupakan suatau cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya merupakan kekuatan dari akal atau budi yang mempunyai unsur cipta, rasa, dan karsa.
Adapun hasil dari cipta, rasa dan karsa atau hal-hal yang berhubungan dengan akal/budi disebut dengan kebudayaan.
Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata latin colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture diserap kedalam bahasa Indonesia menjadi kultur.
Pengertian Budaya Dan Kebudayaan - Kebudayaan adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam fikiran manusia sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu besifat abstrak.
Adapun perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, yang berupa prilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain.

Pengertian Budaya - Pengertian Kebudayaan

Hal tersebut ditunjukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.
Dari uraian diatas, dapat kita tarik kesimpulan, bahwa :
  • Budaya dimiliki bersama oleh sekelompok masyarakat.
  • Budaya cenderung bertahan dan berubah, artinya selama masyarakat itu ada, selama itu pula kebudayaan ada.
  • Budaya cenderung berfungsi membantu manusia.
  • Budaya diperoleh melalui proses belajar :
    • Internalisasi, yaitu bakat yang dimiliki dalam dirinya yang digunakan untuk mengembangkan berbagai perasaan, hasrat, dan emosi.
    • Sosialisasi, yaitu proses interaksi dalam masyarakat yang sesuai dengan peranan yang dijalankannya.
    • Enkulturasi, yaitu kemampuan individu untuk menyesuaiakan dan mempelajari alam pikiran dan sikapnya dengan lingkungan adat istiadatnya, seperti mencontoh pola makan.

Sekian artikel tentang pengertian budaya dan kebudayaan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung.

Pengertian Budaya Dan Kebudayaan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Junaedi