Artikel Pengetahuan Dan Teknologi

May 28, 2014

Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli

Blog Penerang - Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli - Pengertian kebudayaan yang dikemukakan oleh beberapa ahli mewakili pengertian umum dari kebudayaan.
Bagaimana sih pengertian kebudayaan menurut para Ahli?

Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli
Beberapa ahli mengemukakan pendapatnya mengenai kebudayaan seperti berikut ini :
  1. B. Taylor
  2. Kebudayaan adalah suatu keseluruhan kompleks yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, seni, kesusilaan, hukum, adat istiadat serta kesanggupan kebiasaan lainnya yang dipelajari manusia sebagai anggota masyarakat.
  1. C. Klukhohn dan W.H. Kelly
  2. Kebudayaan adalah sebagai hasil tanya jawab dari para ahli antropologi, sejarah, hukum, psychologi, yang implisit dan eksplisit, rasional, irasional terdapat pada setiap waktu sebagai pedoman yang potensial bagi tingkah laku manusia. 
  1. Robert H Lowie
  2. Kebudayaan merupakan segala sesuatu yang diperoleh individu dari masyarakat, mencakup kepercayaan, adat-istiadat, norma – norma artistik, kebiasaan makan, keahlian yang diperoleh bukan dari kreatifitasnya sendiri melainkan merupakan warisan masa lampau yang didapat melalui pendidikan formal dan informal. 
  1. William H. Haviland
  2. Kebudayaan adalah seperangkat peraturan dan norma yang dimiliki bersama oleh para anggota masyarakat, yang jika dilaksnakan oleh para anggotanya akan melahirkan perilaku yang dipandang layak dan dapat diterima oleh semua masyarakat. 
  1. M. Jacobs dan B.J. Stern
    Kebudayaan mencakup keseluruhan yang meliputi bentuk teknologi social, ideologi, religi, dan kesenian serta benda, yang kesemuanya merupakan warisan social.
  1. Dr. Moh. Hattta, kebudayaan adalah ciptaan hidup dari suatu bangsa.
  1. Ki Hajar Dewantara, kebudayaan berarti buah budi manusia adalh hasil perjuangan manusia terhadp dua pengaruh kuat, yakni zaman dan alam yang merupakan bukti kejayaan hidup manusiauntuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran dalam hidup dan penghidupan guna mencapai keselamatan  dan kebahagiaan yang pada lahirnya bersifat tertib dan damai.
  1. Selo Soemardjan
  2. Kebudayaan adalah semua hasil karya, rasa dan cipta manusia
  1. Pengertian kebudayaan menurut Koentjaraningrat
  2. Kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar.
Sekian artikel tentang pengertian kebudayaan menurut para ahli, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan Anda di bidang sosial budaya.
Terimakasih telah berkunjung di blogpenerang.com

Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Junaedi