Artikel Pengetahuan Dan Teknologi

Jul 23, 2016

Dongeng Legenda Sangkuriang Bahasa Sunda

Blog Penerang - Dongeng Legenda Sangkuriang Bahasa Sunda - Legenda Sangkuriang merupakan salahsatu legenda populer di tataran sunda, tidak hanya di daerah sunda namun sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia.
Dongeng legenda sangkuriang merupakan salahsatu legenda yang menceritakan tentang terbentuknya gunung tangkuban perahu dan juga danau Bandung.
Bila diceritakan secara lengkap dalam artikel ini mungkin akan panjang sekali, dibawah ini Admin sediakan cuplikan atau ringkasan dongeng sangkuriang - legenda sangkuriang yang bisa Anda dapatkan dengan mudah dalam format bahasa Sunda.

Dongeng Sangkuriang - Legenda Sangkuriang Bahasa Sunda
Aya hiji putri raja di tatar Sunda nu geulis kawanti-wanti endah kabina-bina nu ngaranna Dayang Sumbi, tapi hanjakal manehna diasingkeun ka leuweung alatan nandang panyakit nu teu cageur-cageur, nu dianggap bisa ngabalukarkeun boborna wibawa jeung komara sang Raja.

Dina sajeroning pangasingan, pikeun ngaleungitkeun kakesel, nya sapopoena sok ngadon ninun di saung ranggonna Hiji mangsa keur anteng ninun, taropong paragi ngasupkeun benang kana rentangan anyaman benang murag ka handapeun saung. Kulantaran keur kagok digawe tambah hoream turun ti saung, Dayang Sumbi ngucap ka ... (http://goo.gl/Lx22C)
Untuk melihat dan membaca artikel tentang dongeng legenda sangkuriang dalam bahasa sunda selengkapnya, Anda bisa membaca dan melihat artikel diatas dengan menggetikan pada adress bar browser Anda di : http://goo.gl/Lx22C
Terimakasih telah berkunjung di www.blogpenerang.com semoga bermanfaat.

Dongeng Legenda Sangkuriang Bahasa Sunda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Junaedi