Artikel Pengetahuan Dan Teknologi

Apr 3, 2013

Pengertian Globalisasi Dan Dampaknya

Blog Penerang - Pengertian Globalisasi Dan Dampaknya - Pengertian Globalisasi memang memiliki arti yang sangat luas jika kita melihat dari berbagai sudut pandang. Kali ini blog-penerang.blogspot.com akan share tentang artikel pengertian globalisasi dan dampaknya.

Pengertian Globalisasi

Menurut asal tuturnya, kata globalisasi di ambil dari kata global, yang artinya adalah universal atau mendunia. Achmad Suparman menyebutkan globalisasi yaitu satu sistem yang menjadikan suatu hal ( benda atau tingkah laku ) sebagai ciri dari tiap-tiap individu didunia ini tanpa dibatasi oleh lokasi atau wilayah.
Pengertian Globalisasi dari tokoh lainnya diantaranya :
  1. Malcom Waters
    Globalisasi adalah sebuah proses sosial yang berakibat bahwa pembatasan geografis pada keadaan sosial budaya menjadi kurang penting, yang terjelma didalam kesadaran
    orang. 
  2. Emanuel Ritcher
    Globalisasi adalah jaringan kerja global secara bersamaan menyatukan masyarakat yang sebelumnya
    terpencar-pencar dan terisolasi kedalam saling ketergantungan dan persatuan dunia.
  3. Thomas L. Friedman
    Globlisasi memiliki dimensi ideology dan teknlogi. Dimensi teknologi yaitu kapitalisme dan pasar bebas sedangkan dimensi teknologi adalah teknologi informasi yang telah menyatukan dunia.
  4. Princenton N. Lyman
    Globalisasi adalah pertumbuhan yang sangat cepat atas saling ketergantungan dan hubungan antara Negara-negara didunia dalam hal perdagangan dan keuangan.
  5. Leonor Briones
    Demokrasi bukan hanya dalam bidang perniagaan dan ekonomi namun juga mencakup globalisasi institusi-institusi demokratis, pembangunan sosial, hak asasi manusia, dan pergerakan wanita

Pengertian Globalisasi Dan Dampaknya

Pengertian Globalisasi belum mempunyai definisi yang mapan, jika sebatas definisi kerja ( working definition ), hingga bergantung dari segi mana orang melihatnya. ada yang memandangnya sebagai satu sistem sosial, atau sistem sejarah, atau sistem alamiah yang dapat membawa seluruh bangsa serta negara didunia semakin terikat satu sama lain, mewujudkan satu tatanan kehidupan baru atau kesatuan ko-eksistensi dengan menyingkirkan batas-batas geografis, ekonomi serta budaya penduduk.

Pengertian Globalisasi - Di segi lain, ada yang melihat globalisasi sebagai sesuatu proyek yang diusung oleh negara-negara adikuasa, hingga mungkin orang mempunyai pandangan negatif atau berprasangka buruk terhadapnya. dari sudut pandang ini, globalisasi tidak lain yaitu kapitalisme didalam bentuk yang sangat mutakhir. negara-negara yang kuat serta kaya praktis dapat mengendalikan ekonomi dunia serta negara-negara kecil semakin tidak berdaya dikarenakan tidak dapat berkompetisi. karena, globalisasi condong punya pengaruh besar pada perekonomian dunia, apalagi punya pengaruh pada bidang-bidang lain layaknya budaya serta agama. theodore levitte adalah orang yang pertama kali menggunakan arti globalisasi pada th. 1985.

Jan Aart Scholte melihat bahwa ada sebagian definisi atau pengertian Globalisasi yang ditujukan orang tentang globalisasi :
  1. Internasionalisasi : globalisasi disimpulkan sebagai meningkatnya hubungan internasional. didalam perihal ini tiap-tiap negara terus menjaga identitasnya masing masing, tetapi menjadikan semakin ketergantungan satu sama lain.
  2. Liberalisasi : globalisasi juga disimpulkan dengan makin diturunkankan batas antar negara, contohnya kendala tarif ekspor impor, lalu lintas devisa, ataupun migrasi.
  3. Universalisasi : globalisasi juga digambarkan sebagai makin tersebarnya perihal material ataupun imaterial ke seluruh dunia. pengalaman di satu lokalitas bisa jadi pengalaman seluruh dunia.
  4. Westernisasi : westernisasi yaitu di antara bentuk dari universalisasi dengan makin menyebarnya pikiran serta budaya dari barat hingga mengglobal.
  5. Hubungan transplanetari serta suprateritorialitas : makna kelima ini tidak sama dengan keempat definisi diatas. pada empat definisi pertama, tiap-tiap negara tetap menjaga status ontologinya. pada pengertian yang kelima, dunia global mempunyai status ontologi sendiri, bukan hanya sebatas gabungan negara-negara. 

Dampak Globalisasi

Dampak Positif Globalisasi diantaranya :
  • Mudah mendapatkan informasi serta ilmu dan pengetahuan
  • Mudah untuk melakukan komunikasi
  • Cepat didalam bepergian ( mobilitas tinggi )
  • Menumbuhkan sikap kosmopolitan serta toleran
  • Meningkatkan kualitas diri
  • Mudah mencukupi kebutuhan

Dampak Negatif Globalisasi diantaranya :
  • Info yang tidak tersaring
  • Tingkah laku konsumtif
  • Membuat sikap menutup diri, berpikir sempit
  • Pemborosan pengeluaran serta mengikuti tingkah laku yang buruk
  • Mudah dipengaruhi oleh perihal yang tidak sesuai dengan rutinitas atau kebudayaan satu negara 
Referensi : http://id.wikipedia.org & http://www.scribd.com

Sekian artikel kali ini tentang pengertian globalisasi dan dampaknya. Semoga bermanfaat dan selamat mempelajari tentang materi Globalisasi. :)
Terimakasih telah berkunjung di blog-penerang.blogspot.com

Pengertian Globalisasi Dan Dampaknya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Junaedi