Artikel Pengetahuan Dan Teknologi

Mar 22, 2013

Latar Belakang Kedatangan Orang-orang Barat ke Dunia Timur

Latar Belakang Kedatangan Orang-orang Barat ke Dunia Timur - Blog Penerang - Orang-orang yang berasal dari barat tentunya mempunyai latar belakang mengapa mereka mendatangi dunia timur, termasuk salahsatu yang mereka datangi yaitu Indonesia.

Pengertian Kolonialisme Dan Imperialisme

Kolonialisme (koloni = tempat tinggal baru) isme = nafsu, faha.
Kolonialisme adalah nafsu untuk mendapatkan tempat tinggal baru di luar batas negerinya sendiri.
Imperialisme (imperium = wilayah kekuasaan), artinya nafsu untuk memperluas wilayah keluar tapal batas negerinya sendiri. Dalam kaitan ino antara imperialisme dan kolonialisme identik, sebab kedua-duanya merupakan nafsu untuk mendapatkan wilayah ekonomi diluar tapal batas negerinya sendiri.

Macam-macam Imperialisme

Latar Belakang Kedatangan Orang-orang Barat ke Dunia Timur

  • Imperialisme kuno (sebelum revolusi industri Inggris)
    • Tujuannya adalah 3G : untuk mendapatkan kekayaan (Gold), Misi agama Nasrani (Gospel) dan untuk kejayaan bangsa/ negara (Glory)
  • Imperialisme Baru (modern imperialism) pasca revolusi Industri
    • Tujuannya : Untuk mencari dan mendapatkan daerah/wilayah yang memiliki kekayaan sumber alam, sebagai pasar untuk menjual hasil Industri dan guna perluasan (tempat penanaman modal)

Latar Belakang

Pada tahun 1453, yang mempunyai gelar ”Al-Fatih” atau Sultan Usmani Muhammad II  (Sang Penakluk) menyerang Kota Konstantinopel. Sehingga Ibukota pun berpindah dari Andrianopel ke Konstantinopel atau disebut juga Istambul yang berarti “Tahta Islam”. Dengan demikian, pusat perdagangan rempah-rempah di Instambul dikuasai oleh para pedagang Islam.
Dengan di kuasainya Konstantinopel ini berarti berakhirlah riwayat kekaisaran romawi.
Bagi masyarakat Eropa, rempah-rempah merupakan kebutuhan yang sangat penting. Jatuhnya kota Konstantinopel menyebabkan harga rempah-rempah melambung tinggi. Oleh sebab itu , tidak ada pilihan bagi bangsa-bangsa Eropa kecuali berusaha untuk mencari brempah-rempah langsung ke sumbernya, yaitu di Dunia Timur, khususnya di daerah Nusantara, Maluku merupakan daerah di Nusantara yang dikenal sebagai The Spice Island, nasib perdagangan orang-orang Eropa bergantung pada Usmani.

Nah, itulah sedikit rangkuman artikel tentang latar belakang kedatangan  orang-orang barat ke dunia timur, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan.
Terima kasih telah berkunjung di blog-penerang.blogspot.com

Latar Belakang Kedatangan Orang-orang Barat ke Dunia Timur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Junaedi