Artikel Pengetahuan Dan Teknologi

Mar 22, 2013

Pengertian Dan Contoh Paragraf Eksposisi

Pengertian dan Contoh Paragraf Eksposisi - Blog Penerang - Dalam Bahasa Indonesia ada berbagai jenis wacana atau paragraf yaitu salahsatunya Eksposisi. Apa itu pengertian wacana jenis eksposisi? Eksposisi berasal dari bahasa latin (exsponere) yang mempunyai arti memamerkan, menjelaskan mengekspos, memaparkan, menerangkan, atau menguraikan. Eksposisi adalah karangan yang memaparkan atau menjelaskan secara terperimci (memaparkan) sesuatu dengan tujuan memberikan informasi atau memperluas pengetahuan kepada para pembacanya.

Sudah mengerti apa itu pengertian dari wacana eksposisi? sekarang kita lihat contoh paragraf eksposisi di bawah ini :

Contoh Paragraf Eksposisi

Pengertian dan Contoh Paragraf Eksposisi - Bahasa Indonesia
 
Dua pekerja yang tertimbun tanah longsor akhirnya ditemukan oleh petugas kepolisian setelah sejak kemarin merka menggali gundukan tanah setinggi sepuluh meter. Dari sejak dini hari kemarin hingga pukul 15.00 WIB penggalian terus dilakukan degan menggunakan backhoe. Penggalian yang hampir memakan 20 jam itu berakhir saat dua korban berhasil ditemukan. Masroni ditemukan dalam keadaan tubuh melingkar. Sementara Asriana ditemukan dalam keadaan yang sangat mengenaskan.

Nah, diatas adalah contoh paragraf eksposisi, dan juga pengertian eksposisi. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan dalam bahasa Indonesia.
Terima kasih telah berkunjung di blog-penerang.blogspot.com

Pengertian Dan Contoh Paragraf Eksposisi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Junaedi