Artikel Pengetahuan Dan Teknologi

Apr 18, 2013

Wujud Kebudayaan Menurut Koentjaraningrat

Wujud Kebudayaan Menurut Koentjaraningrat
Blog Penerang - Wujud Kebudayaan Menurut Koentjaraningrat - Seperti yang telah Admin bahas seblumnya tentang pengertian kebudayaan dan unsur kebudayaan kali ini, Admin akan share tentang wujud kebudayaan menurut koentjaraningrat.

Wujud Kebudayaan Menurut Koentjaraningrat
Menurut koentjaraningrat kebudayaan itu dibagi menjadi dalam 3 wujud, yaitu :
  1. Wujud sebagai satu kompleks dari ide-ide, norma-norma
  2. Wujud kebudayaan sebagai suatu komleks aktifitas 
  3. Wujud kebudayaan sebagai benda-benda hasil karya manusia
Wujud Kebudayaan Menurut J.J Hoenigman, wujud kebudayaan dibedakan menjadi tiga, yaitu :
  1. Gagasan, yiatu kebudayaan yang berbentuk kumpulan ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, peraturan, dan sebagainya yang sifatnya abstrak, tidak dapat diraba atau disentuh. Wujud kebudayaan ini terletak dalam alam pikiran warga masyarakat. Jika masyarakat tersebut menyatakan gagasan mereka itu dalam bentuk tulisan maka lokasi dari kebudayaan ideal itu berada dalam karangan dan buku-buku hasil karya para penulis warga masyarakat tersebut.
  2. Aktivitas, yaitu wujud kebudayaan sebagai suatu tindakan yang berpola dari manusia dalam masyarakat itu. Wujud ini sering pula disebut dengan sistem sosial. Sistem sosial ini terdiri atas aktivitas-aktivitas manusia yang saling berinteraksi, mengadakan kontak serta bergaul dengan manusia lainnya menurut pola-pola tertentu yang berdasarkan adat tata kelakuan , sifatnya konkret, terjadi dalam kehidupan sehari-hari, serta dapat dinikmati dan di dokumentasikan.
  3. Artefak, yaitu wujud kebudayaan fisik yang berupa hasil aktivitas, perbuatan dan karya semua manusia dalam masyarakat yang berupa benda-benda atau hal-hal yang dapat diraba, dilihat, di dokumentasikan. Artefak sifatnya paling konkret di antara ketiga wujud kebudayaan.
Kebudayaan atas penggolongannya dibagi menjadi 2, yaitu :
  1. Kebudayaan bersifat abstrak
  2. Kebudayaan bersifat konkrit. 
Pada sistem budaya merupakan komponen dari kebudayaan yang bersifat abstrak dan terdiri dari pikiran-pikiran, gagasan, konsep serta adat istiadat.
Jenis kebudayaan dibagi menjadi 2, yaitu :
  1. Kebudayaan material,yaitu hasil cipta, karsa yang berwujud benda, barang, alat pengolahan alam
  2. Kebudayaan non material, yaitu cara, kebiasaan, kesusilaan, adat istiadat, hukum, dan mode (fashion)
Sekian artikel tentang wujud kebudayaan menurut koentjaraningrat dan J.J Hoenigman semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda semua.
Terimakasih telah berkunjung di www.blogpenerang.com

Wujud Kebudayaan Menurut Koentjaraningrat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Junaedi