Artikel Pengetahuan Dan Teknologi

Oct 14, 2013

Karakteristik Inovasi Menurut Rogers

Pengertian inovasi tidak hanya terbatas pada benda atau barang hasil produksi, tetapi juga mencakup didalamnya sikap hidup dan juga prilaku, atau gerakan-gerakan menuju proses perubahan didalam segala tata hidup masyarakat. Inovasi pun memiliki karakteristik.
Rogers (1983) mengemukakan lima karakteristik inovasi yaitu sebagai berikut :

5 Karakteristik Inovasi dan Laju Adopsi Menurut Rogers


Keunggulan Relatif (Relative Advantege) 
Apa itu keunggulan relatif? keunggulan relatif adalah derajat dimana suatu inovasi dianggap lebih baik atau unggul dibandingkan dengan yang pernah ada. Hal ini dapat diukur dari beberapa faktor, seperti faktor ekonomi, prestise sosial, kenyamanan dan kepuasan. Semakin besar keunggulan relatif dirasakan oleh pengadopsi, semakin cepat inovasi tersebut dapat diadopsi.

Karakteristik Inovasi Menurut Rogers
Gambar Ilustrasi Inovasi

Kompatibilitas (Compatiballity)
Apa itu Kompatibilitas? kompatibilitas adalah derajat dimana inovasi tersebut dianggap konsisten dengan nilai-nilai yang berlaku, pengalaman masa lalu, dan kebutuhan pengadopsi. Sebagai contoh, jika suatu inovasi atau ide baru tertentu tidak sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku, inovasi itu tidak dapat diadopsi dengan mudah sebagaimana halnya inovasi yang sesuai (compatible)

Kerumitan (Complexity)
Apa itu kerumitan? kerumitan adalah derajat dimana inovasi dianggap sebagai suatu yang sulit untuk dipahami dan digunakan. Beberapa inovasi tertentu ada yang dengan mudah dapat dimengerti dan digunakan oleh pengadopsi dan ada pula yang sebaliknya. Semakin mudah dipahami dan dimengerti oleh pengadopsi, semakin cepat suatu inovasi dapat diadopsi.

Kemampuan diujicobakan (Trialability)
Kemampuan untuk diujicobakan adalah derajat dimana suatu inovasi dapat diuji coba batas tertentu. Suatu inovasi yang dapat diujicobakan dalam setting sesungguhnya umumnya akan lebih cepat diadopsi. Jadi, agar dapat dengan cepat diadopsi, suatu inovasi harus mampu mengemukakan keunggulannya.

Kemampuan untuk Diamati (Observability)
Kemampuan untuk diamati adalah derajat dimana hasil suatu inovasi dapat dilihat oleh orang lain. Semakin mudah seseorang melihat suatu inovasi, semakin besar kemungkinan orang atau sekelompok orang tersebut mengadopsi. Semakin besar keunggulan relatif, kesesuaian, kemampuan untuk diujicobakan, dan kemampuan untuk diamati serta semakin kecil kerumitannya semakin cepat diadopsi.

Dengan adanya artikel tentang karakteristik inovasi menurut Rogers semoga inovasi yang kita buat dapat dengan mudah dimengerti dan juga diterapkan dalam dunia usaha kita.

Karakteristik Inovasi Menurut Rogers Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin